Monday, July 1, 2013

Cara Koneksikan Modem GSM di Android-x86

selamat malam android lovers, malam ini saya akan membagikan tips bagaimana koneksi modem GSM di android-x86. Sebenarnya koneksi menggunakan modem GSM lebih mudah dan tidak seribet koneksi modem CDMA, karena kebanyakan langsung terdeteksi oleh device android kita,

kali saya akan menggunakan modem Telkomflash ZTE Huawei, sebelum kita tahu apakah modem kita terdeteksi sempurna di android-x86 ketahui dulu jenis modem vendor dan product id. dengan cara ketikan lsusb di terminal
maka nampak tertera modem saya Bus 001 Device 004: ID 19d2:0117 ONDA Communication S.p.A. 
peralatan yang perlu dipersiapkan adalah
1. pppwidget 
4. secangkir kopi hangat ^_^

a. install dulu aplikasi root explorer dan pppwidgetnya, dengan catatan Android agan dalam status rooting, jika belum maka jangan lanjutkan ke langkah selanjutnya karena akan menemui jalan buntu.
jika sudah install maka drag pppwidget ke menu homescreen, dengan klik tahan dan drag ke home screen, allow sebagai super user. setelah berhasil tinggal kita configure
b. jalankan pppwidget dengan menekan tombol configure, maka configurasi opsi berikut:
apn : (kosongkan)
user: (kosongkan)
pass: (kosongkan)
Automatic SearchModem: Un-Check (hapus centang)
Manual Port Modem : Check ( centang)
Port : disinalah menurut saya point penting, tergantu letak device usb kita, sesuai urutan hardware. pada kasus ini saya menggunakan ttyUSB2, karena ttyUSB0 dan ,ttyUSB1 sama sekali tidak mau respon, loh darimana kita tidak tahu klo modem tidak mau respon, maka......
SHOW Log: Check ( centang)
c. colokan modem, tunggu sebentar sampai lampu indikator modem merespon. klik pppwidget icon warna hijau, lalu pilih opsi modem kalian, jika punya saya 19d2:0117 ZTE seperti nampak pada gambar di bawah, biasanya akan menyeleksi hingga dua kali, maka pilih jenis yang sama
dan selamat modem sudah konek, lalu bagaimana jika belum konek?
d. ekstrak file pppgprs yang kalian download tadi, cabut modem dan hapus seluruh isi folder LOG  di /sdcard/pppwidget/log dan   copykan (OVERWRITE)  GPRS dan GPRS-CHAT hasil  download ke /sdcard/pppwidget/ppp  dan keluar/Tutup Rootexplore.apk
e. colokan kembali modem dan ulangi langkah ketiga (c).
selamat mencoba dan semoga beruntung ^_^


7 comments

Mau nanya gan, maksudnya "modem dalam keadaan rooting" itu bagaimana? Maaf saya newbie :D

gan, klo pke smrtfren gmn? mhon pncerahannya gan? ane gk konek-konek

maaf gan, salah ketik, bukan modem tapi android-x86 :v

kalau smarfren make trik ini gan
http://andromeda-x86.blogspot.com/2012/12/koneksi-internet-dengan-modem-smarfren.html

gan itu android versi berapa ya?