Saturday, December 1, 2012

Cara Install Android di Hardisk

Android, yupz si robot ijo yang mulai mendunia, menurut data yang saya himpun pertumbuhan Android dari tahun ke tahun mencapai 1500 %, Akhir tahun 2011 pengguna Android baru sekitar 170 ribu, sekarang mencapai 2,5 juta atau mengalami kenaikan hingga 15 kali lipat,wow..

 melihat perkembangan yang pesat itulah alasan kita untuk sekedar nimbrung atau memakai OS android, permasalahanya adalah, kita tidak mempunyai uang untuk membeli Gadget Android yang mumpuni, namun itu bukan suatu masalah, saat ini sudah tersedia OS Android yang bisa diinstall di tablet maupun Laptop. Ciyus? Enalan? bener gan, hasilnya juga gak jauh beda dengan OS Android pada gadget yang beredar saat ini, bahkan OS Android yang satu  ini yang sering kita sebut Android-x86 dapat langsung di Root dengan cara mudah saat proses penginstalan, saat ini ISO ini dapat anda download di  http://www.android-x86.org/download yang menyediakan banyak versi dari Android, proyek ini juga lagi ngeBuild Android terbaru dari Jelly Bean, ok dah langsung saja kita coba installasinya....


1. Download dahulu program UNetbootin di http://unetbootin.sourceforge.net/
2. Pilih versi untuk OS yang Agan gunakan. 

Anda dapat mendownloadnya di http://www.android-x86.org/download atau di http://tabletsx86.org/ yang sudah support emolator arm untuk bermain game.
3. Setelah terdowload, jalankan UNetbootin.
4. Check pada Disk Image. Pilih ISO. Pada kolom sebelahnya klik tombol browse yang bertuliskan kotak dengan tiga titik. Pilih file Instalasi OS yang mau diinstal.
5. Pada kolom type pilih Harddisk jika ingin menginstal pada Harddisk atau Flash drive jika ingin menginstal pada Flash Disk. Untuk kolom space used to preserve file across reboot dibiarkan saja karena itu hanya untuk Ubuntu atau Linux.
6. Pada kolom Drive, pilih drive yang akan dimasukkan instalasi OS.
7. Klik Ok. Tunggu beberapa menit karena UNetbootin akan mengekstrak file OS.
8. Setelah selesai komputer/laptop Agan akan restart. Atur booting bios Anda untuk first boot melalui flashdisk
9. Ikuti langkah-langkahnya dalam menginstal OSnya


Cara install:

  1. Maka akan tampak tampilan seperti ini :
  2. Pilih nomor 1 jika Anda ingin menjajalnya terlebih dahulu (tanpa menginstall), jika ingin menginstallnya maka pilih nomor 5 (paling bawah)
  3. Dan akhirnya ….selamat datang di Android :)
10. Setelah selesai, Agan sudah bisa menikmati OS yang Agan Instal.

sebenarnya OS ini dapat berjalan sempurna pada Vendor berikut (recomended)



  • ASUS Eee PCs/Laptops
  • Viewsonic Viewpad 10
  • Dell Inspiron Mini Duo
  • Samsung Q1U
  • Viliv S5
  • Lenovo ThinkPad x61 Tablet 

namun, jangan risau, laptop Anda juga bisa support ko asal jangan mudah menyerah untuk mencoba...
selamat menikmati